• Share Informasi untuk Anda..!


Ads..

Freelance Jobs

Membuat Format Tanggal Dalam PHP Menjadi Format Indonesia

Nih buat anak-anak RPL yang lagi iseng-iseng atau lagi ada tugas yang menyangkut tentang web gitu saya punya beberapa tips tentang format tanggal dalam PHP yang dibuat oleh kalian menjadi format indonesia, jadi bukan format internasional lagi. jadi kalo biasanya kita bikin format tanggal dalam PHP itu seperti ini hasilnya : Tue, 07 March 2012 bisa diganti menjadi : Selasa, 07 Maret 2012.

Caranya, dengan menggunakan fungsi Array. saya juga baru bisa ini kemarin-kemarin. karena tugas dari kantor yang disuruh ngedit laporan gitu, eh disuruh nambahin data tanggal gitu, saya udah tambahin, tapi formatnya internasional, dan si Manager protes dan tidak puas, dia minta diganti ke format indonesia, akhirnya dengan seribu cara saya memutar otak dan akhirnya berhasil dengan sedikit bantuan dari beberapa referensi karyawan-karyawan yang lain.

okeh, kebanyakan cerita nih kayaknya, jadi caranya tuh gini :

pertama kita buat format tanggal seperti biasa contoh:

<?php
$tanggal=date("N, j - n - Y");
echo $tanggal;
?>

dan nanti hasilnya akan seperti ini :



nah coba kalian perhatikan, hasilnya itu berupa angka semua. Nah kenapa angka semua? faktor 1 : karena kita akan mengubah angka tersebut menjadi sebuah string atau kalimat, dan faktor 2 : mempermudah kita juga jika menggunakan format angka semua begini. itu si menurut pendapat saya!

sekarang bagaimana cara mengubahnya menjadi "Rabu, 7 - Maret - 2012"?. caranya adalah dengan mengetikan script berikut diatas script "echo" atau sebelum kita memunculkan variabel yang akan kita tampilkan sebagai format tanggal, tapi perhatikan dulu, apa saja yang harus kita ubah menjadi sebuah kalimat? jika jenis format tanggalnya seperti diatas kita cukup mengArraykan sebanyak 2 kali saja, yaitu hari dan bulan. dan jika tanggal dan tahun itu tidak perlu dan tidak usah kita ganti menjadi sebuah kalimatkan :

1.Meng-arraykan hari :
$array_hari = array(1=>'Senin','Selasa','Rabu','Kamis','Jumat','Sabtu','Minggu');
$hari = $array_hari[date('N')];

2.Meng-arraykan bulan :
$array_bulan = array(1=>'Januari','Februari','Maret','April','Mei','Juni','Juli','Agustus','September','Oktober','Novemer','Desember');
$bulan = $array_bulan[date('n')];

nah 2 yang wajib kita ganti telah kita ganti, sekarang kita mendeklarasikan format data tanggal dan tahun kedalam sebuah variabel yang akan kita panggil nanti!

$tgl = date('j');   //memasukan nilai data tanggal kedalam variabel $tgl.
$thn = date('Y');  //memasukan nilai data tahun kedalam variabel $thn.

nah selesai. sekarang kita ganti script yang pertama tadi menjadi seperti ini :

<?php
$array_hari = array(1=>'Senin','Selasa','Rabu','Kamis','Jumat','Sabtu','Minggu');
$hari = $array_hari[date('N')];

$array_bulan = array(1=>'Januari','Februari','Maret','April','Mei','Juni','Juli','Agustus','September','Oktober','Novemer','Desember');
$bulan = $array_bulan[date('n')];

$tgl = date('j');
$thn = date('Y');

echo $hari.", ".$tgl." ".$bulan." ".$thn ;

?>

dan hasilnya akan menjadi seperti ini!


sudah kan, nama harinya menjadi bahasa indonesia dan nama bulannya juga menjadi bahasa indonesia!

terima kasih sebelumnya, jika ada masalah silahkan Anda dapat langsung berkomentar atau mengirim email kesini : ukiesigitaris@gmail.com

Ukie RPL

2 komentar:

Pengunjung Hari Ini

      Flag Counter

Blog Shared On Twitter