• Share Informasi untuk Anda..!


Ads..

Freelance Jobs

Tips Aman Menjaga Diri Saat Bepergian Sendirian

Hey you guys, apakah kalian tipe orang yang suka bepergian sendirian? dan pergi menggunakan fasilitas umum seperti mobil angkot, kereta dan lain-lain, saya ada sedikit tips untuk kalian bagi yang suka bepergian sendirian. sebelumnya saya dapat tips ini tadi siang saat saya dapet tugas untuk mengantar sebuah barang penting dijatinegara, dan tips ini juga saya kombinasikan dengan pengalaman saya karena saya adalah orang yang sering pergi ke tempat yang jauh dan sendirian, baik menggunakan fasilitas umum ataupun fasilitas pribadi.

okeh, langsung ke inti pembahasan...

1. Jangan Pasang Muka Polos, Bingung, dan Takut

   Jadi kalo bepergian gitu apa lagi kalo jauh, kita kalo di angkot atau dikereta atau dimana sajalah yang tempat umum itu jangan pasang muka yang polos, karena kalo kita pasang muka polos gitu kita akan jadi sasaran empuk para penjahat jalanan untuk melakukan aksinya pada kita. karena mereka secara mental lebih berani sama orang yang kelihatan polos.

Dan jangan juga kita pasang muka bingung dan takut walaupun saat itu kita posisinya sedang kesasar, ketinggalan suatu barang penting dirumah untuk urusan kantor atau apalah, karena saat para penjahat jalanan melihat kita terlihat dengan wajah resah,takut dan bingung akan membuat mereka lebih berani melakukan aksinya pada kita dengan wajah seperti itu.

2. Selalu Waspada dan Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

   Saat kita baru berangkat dari rumah dan pamit kepada penghuni rumah, biasanya pesan mereka adalah "hati-hati dijalan y nak,bu,pa,de,atau apalah". Pesan mereka yang terlalu sering kita dengar membuat kita tidak terlalu menanggapi perkataan tersebut saat kita dalam perjalanan. Padahal perkataan mereka itu seharusnya kita selalu tanggapi dan aplikasikan saat kita dalam perjalanan, karena itu akan menjadi salah satu faktor penyelamat kita sampai tujuan.

Saat kita waspada dalam perjalanan kita tidak perlu clingak-clinguk melihat kiri kanan takut akan ada yang berbuat jahat pada kita, tapi kita cukup harus peka saja pada keadaan-keadaan tertentu yang mencurigakan dan sekiranya dapat membahayakan kita. Seperti jika ada orang yang banyak dan tiba-tiba mereka berdiri atau duduk dengan memojokan kita atau mendorong-dorong kita seolah-olah angkot atau kereta yang kita tumpangi itu penuh padahal tidak, kosong malahan, itu ciri-ciri mereka berniat berbuat jahat ke kita sob. cara menghindarinya saat kita mengalami hal yang saya bilang tadi diatas kita tinggal langsung pindah atau lari menjauh dari mereka (sejauh mungkin) kalo perlu jika kita di angkot langsung turun dan jika kita dikereta langsung saja pindah kegerbong berikutnya dan berdiri atau duduk dengan bapak-bapak yang kelihatan serem (hii..) kalo nggak ada gimana? y intinya kita menghindar aja dari mereka bagaimanapun caranya.

3. Jangan Mudah Percaya Dengan Orang Yang Tidak Dikenal

   Ini biasanya terjadi saat kita bukan berada pada kendaraan umum, tetapi pada jalan umum yang kebetulan sepi dan sejenisnya lah, jadi kalo ada orang tiba-tiba dia menuduh kita melakukan suatu hal yang tidak kita lakukan maka kita tinggal dan biasanya dia meminta kita untuk membuktikan omongannya dengan mengajak kita ke suatu tempat, tapi kita jangan pernah mau, kita langsung bilang aja, "maaf mas, saya tidak merasa melakukan itu, maaf saya buru-buru." dan jika ternyata dia memaksa kita tinggal bilang aja "yaudah kita ke kantor polisi aja langsung ga usah ke tempat yang mas minta, baru setelah itu kita ke tempat yang mas mau." dan jika dia nggak mau kita ajak ke kantor polisi dengan sejuta alasan langsung aja kita lari ke tukang ojek terdekat atau warung atau satpam kemana sajalah yang penting tidak sepi dan bertenu orang lain yang dapat kita pastikan bukan teman dia dan langsung minta bantuan orang lain, bilang saja mengikuti kita terus dan kita merasa terancam.

4. Ingat Pada Sang Pencipta

   Gunanya untuk menghindari jika ada orang yang mencoba menghipnotis kita, biasanya motif hipnotisnya itu dengan memancing-mancing emosi kita, dan biasanya orang yang imannya tebal motif hipnotis ini tidak akan mempan ke orang yang imannya tebal, karena lebih cenderung sabar dan selalu ingat pada sang pencipta. dan ada juga yang dengan menepuk tubuh kita, dan jika tubuh kita sudah dia tepuk, kecil kemungkinannya kita bisa tidak terpengaruh sama ucapan dia walaupun iman kita tebal. cara menghindarinya jika kita ditepuk tubuh kita, kita langsung tepuk balik lagi sebelum dia berbicara lagi dan kita kemakan sama omongan dia, setelah itu langsung lari aja ke orang terdekat disekitar kita kecuali orang yang menegur kita tadi.

5. Tetap Pasang Muka PD, Tenang dan Agak Songong Dikit!

   Ini juga cukup penting, terbukti loch, orang yang mukanya sangar dijalan itu lebih kecil kemungkinan kecopetan, ditipu, dan lain sebagainya yang sejenisnya.

6. Hindari Menggunakan Aksesoris Tubuh Yang Bersifat Mahal!

   Nih yang jadi daya tarik para penjahat jalanan untuk melakukan kejahatannya pada kita, karena dengan mereka melihat kita menggunakan aksesoris yang mahal mereka akan berfikir kita adalah orang yang mempunyai uang banyak atau kaya biasa disebutnya. Walaupun sebenanya aksesoris yang kita pakai adalah aksesoris yang kita pinjam dari teman kita.

7. Jangan Nyolot / Belagu Dengan Orang Yang Tidak Dikenal

   Maksudnya kalo ada orang yang terus-terusan memandangi kita dijalan, jangan kita pandang lagi dia, karena seolah-olah kita tidak takut terhadap mereka dan menantang mereka, sebaiknya saat itu terjadi kita biarkan saja dan pura-pura kita tidak tahu kalau ada yang memandangi kita secara terus-menerus.

8. Membaca Bismilah / Doa Sebelum Bepergian

   Tentu saja ini menjadi salah satu faktor penting mengenai keselamatan kita dijalan.


Ok, itu sedikit tips dari saya, kurang dan lebihnya mohon dimaklumi.
Salam, Ukie RPL...

0 komentar:

Pengunjung Hari Ini

      Flag Counter

Blog Shared On Twitter